Senin, 13 April 2015

Info Training 3B: Artikel Motivasi: Team Player Mindset

Team Player Mindset

Tidak ada kesuksesan BESAR yang diraih sendiri. Pasti merupakan kerja team. Jika team Anda ingin berhasil dengan gemilang maka harus dilakukan kerja secara team. Sebagai leader harus selalu waspada dengan hal ini. Jangan sampai kita meneriakan kerjasama yang solid dengan komitmen tinggi, namun kita memberi ruang seseorang untuk berprestasi secara single fighter, namun kesuksesan kolektifnya sangat rendah. 
Dalam beberapa training, saya menanyakan kepada peserta, berapa kilo dia bisa mengangkat? Biasanya dan hampir semua dari mereka menjawab 60kg, 70kg, 40kg. Sangat kecil dan rendah. Lalu saya katakan kalau saya kuat mengangkat 800Ton. Tentu saja mereka terheran-heran. Mana mungkin? 
Ya saya punya teman banyak yang bisa membantu, saya punya teman yang memiliki truk, saya punya teman yang mempunyai forklift, traktor.   

Anda melihat perbedaan yang signifikan?
Ketika orang mengukur dari kekuatan sendiri, maka pastilah keyakinannya kecil dan hasilnya kecil, namun ketika mindsetnya adalah team player, teamwork, maka keyakinannya menjadi luar biasa dan hasilnya pasti menjadi sangat luar biasa. 
Bantulah anggota team Anda untuk menjadi manusia manusia yang memiliki mindset team player, bukan single fighter! Ajari terus, budayakan terus dan buatlah SOP yang menunjang pembentukan pola fikir yang selalu team player. 

Apresiasi    
Berilah apresiasi secara team. Banyak orang rela menerima income yang berbeda, namun sedikit orang yang iklas ketika orang lain yang mendapat nama. Orang lain yang mendapat pujian. Kondisikan selalu team team team team! NO Choice ! Team Team Team! 
Mind set ini juga akan membantu melancarkan hubungan dengan departement lain. Ketika mereka terbiasa sebagai team dalam department, maka dengan departement lainpun akan membawa mindset team player ini. Ini pasti akan memperlancar pekerjaan dan sekaligus menghindari konflik konflik yang tidak perlu.  
  
Time to Change – Hari Subagya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar