Senin, 13 April 2015

Info Training 3B: Artikel Motivasi: Sekarang Waktu Yang Baik Untuk Jualan

Sekarang waktu yang baik untuk jualan.



“Problems exist only in the human mind.” -- Anthony de Mello
Banyak orang membuang kesempatan. Orang-orang mengeluhkan kondisi ekonomi yang morat-marit, ketidak pastian merambah kesegala aspek. Bikin orang frustasi, bikin salesman anda atau anda mencari justifikasi dan pembenaran untuk turunnya sales atau prestasi anda.
Wow! Hal itu bisa saja sebaliknya. Saat yang buruk untuk jualan adalah justru saat orang-orang pada posisi setle atau tenang. Mereka merasa tenang dan tidak membutuhkan apa-apa, mereka tidak perlu membeli sesuatu.
Saat terjadi ketidakpastian, orang merasa tidak aman dan nyaman, mereka gelisah dan mempersiapkan diri, mereka mempersenjatai diri dan bisnisnya dengan seseuatu dan sesuatu itu harus mereka beli.
Contoh yang sederhana. Saat PLN (Perusahaan Listrik Negara) sering mematikan aliran listrik, maka kesempatan untuk menjual diesel, genset atau sekedar lilin. Saat BBM (Bahan Bakar Minyak) mulai langka, maka kesempatan untuk menjual sepeda menjadi sangat baik.
Sekarang adalah saat terbaik anda untuk jualan! Kondisi ekonomi saat ini memang berbeda, motivasi pembeli juga berbeda. Bergeraklah sesuai trend dan jangan melawannya.
Alon alon waton kelakon. Anda tahu pepatah orang jawa yang satu ini (biar lambat asal terlaksana). Tidak 100% salah, namun Anda harus merenungkan bahwa begitu banyak kesempatan hilang karena kita terlambat bertindak. Begitu banyak penjualan Anda gagal karena Anda lambat memberi respon, begitu banyak Sales hilang karena keduluan pesaing. Lalu bagaimana ?
Pepatah itu benar! Waton kelakon (asal terlaksana), namun kenyataan berbicara beda. Sebagai seorang Sales, maka Anda harus ubah pepatah itu menjadi Cepet-Cepet Lan Kelakon (cepat dan terlaksana). Yang ini lebih cocok buat Anda. Kecepatan merupakan kunci sukses anda, kunci sukses team anda. Kecepatan dalam bertindak, kecepatan dalam menangkap peluang dan kecepatan dalam merespon segala informasi yang anda dan team anda terima.
Alon-alon waton kelakon, tidak boleh meracuni pikiran dan keyakinan Anda dan Team Anda. Sekali ideologi ini merasuk dalam pikiran Anda atau Team Anda maka bisa dipastikan Anda dan Team Anda akan kalah dalam setiap persaingan, pertempuran dan peperangan.
Cepat dan terlaksana. Ingat Anda harus menjadi orang yang success minded ! Befikir cepat bertindak cepat penuh optimisme dan gairah dalam tindakan! Ojo alon alon, nanti ora kelakon! (Jangan lambat! Nanti tidak kesampaian) Bergerak pelan dan menunda-nunda tentu bukan tidakan yang baik dalam kondisi seperti sekarang ini. Anda masih ingat dengan dua orang yang ada di depan kita? Pertama: Mereka yang berangkat terlebih dahulu. Kedua: Mereka yang bergerak dan bertindak lebih cepat dari kita.
Yakinkan kalau hari ini adalah hari yang sangat baik untuk melakukan penjualan. Yes! Hari ini adalah hari keberuntungan anda. Bukalah toko anda lebar-lebar, hubungi customer Anda, lakukan prospecting, rekruiting, selling dan closing. Ok! Saatnya membuat Sales Anda meledak dua atau tiga kali lipat.

“Yes! Hari ini adalah hari keberuntungan Anda “


Diambil dari Buku Time To Change In Selling



Tidak ada komentar:

Posting Komentar